Wisata Edukasi di Pabrik Gula Madukismo Jogja

pabrik gula madukismoDi jogja memang ada banyak sekali tempat yang menjadi destinasi wisata favorit para wisatawan. Hampir semua pantai yang ada di Jogja dijadikan tempat untuk destinasi wisata, museum, candi dan masih banyak lagi. Untuk info wisata terlengkap di Yogyakarta kamu bisa klik di http://wisataku.net/ tempat wisata terfavorit bisa kamu cek di sini. Salah satu pabrik yang ada di Jogja bisa kamu jadikan sebagai tempat untuk wisata edukasi. Pabrik itu adalah Pabrik Gula Madukismo. Pabrik ini menjadi satu-satunya pabrik gula dan Alkohol Spiritus yang ada di Jogja.  Pabrik ini memiliki tugas untuk mensukseskan program pengadaan pangan Nasional, terutama gula pasir. Pabrik ini berlokasi di Kalurahan Tirtonimolo,  Kecamatan Kasihan,  Kabupaten  Bantul, Propinsi  Daerah Istimewa  Yogyakarta. Bentuk perusahaan ini adalah Perseroan Terbatas yang didirikan pada tanggal 14 Juni1955 silam.

Awalnya, Pabrik ini diberi nama PT. Madu baru namun kemudian pabrik ini terbagi menjadi dua yakni Pabrik Gula atau Pabrik Gula Madukismo  dan Pabrik Alkohol atau Spiritus. Bila kamu berkunjung ke tempat ini, kamu akn melihat pabrik yang kental dengan nuansa industry. Kamu bisa melihat ada bangunan yang besar dan tua, halaman yang luas, mesin kuno dan kereta yang jadi jalan untuk mengangkut tebu. Selain itu, ketika kmu mengunjungi tempat ini, kamu akan merasakan sensasi perjalanan dengan kereta masa lampau saat berada di dalam gerbong. Kereta ini akan membawa kamu menuju kawasan pabrik. Kamu akan melewati rel-rel tua dan juga perkebunan yang ada di sekitar pabrik.

Setelah tiba di lokasi Pabrik Gula Madukismo, kamu bisa turun dari kereta. Jika kamu beruntung, kamu bisa melihat produksi gula saat berada pada tahap pemerahan nira agar sari gula bisa didapat, pemurnian nira dengan sulfitasi, penguapan nira, kristalisasi, puteran gula hingga pengemasan. Setelah puas melihat proses produksi, kamu bisa keluar dari lokasi dan lanjut ke Pabrik Spiritus Madukismo yang berada si barat pabrik gula. Di tempat ini kamu bisa mengajak anak atau jika masih bersekolah kamu bisa mengajak teman-teman sekolahmu untuk pergi ke Pabrik Gula Madukismo karena di tempat ini kamu bisa menambah wawasan kamu mengenai cara pembuatan gula.