Tumbuh Kembang Anak: Pentingnya Pengawasan dari Tahun ke Tahun

Setiap orang tua tentu menginkan buah hatinya dapat bertumbuh kembang dengan optimal. Nah, optimalnya tumbuh kembang anak sendiri bisa didukung dengan berbagai stimulasi yang ibu lakukan. Seperti salah satunya adalah lewat kegiatan bercerita atau mendongeng. Kegiatan yang satu ini mungkin adalah sebuah kegiatan yang sangat sederhana.

Tumbuh Kembang Anak: Pentingnya Pengawasan dari Tahun ke Tahun

 

PENTING! Tumbuh Kembang Anak dari Tahun ke Tahun

Memang begitu, namun pada kenyataannya meskipun sederhana, lewat sebuah cerita, anak akan mengalami sebuah proses pembelajaran tentang berbagai hal. Mulai dari belajar tentang bahasa, melatih kepekaan indera pendengarannya dalam merespon, memberikan pengetahuan yang lebih luas.

Juga yang tak ketinggalan adalah kegiatan bercerita dapat membantu dalam menumbuhkan kreativitas dan imajinasi pada anak, yang mana kreativitas dan imajinasi ini tentu merupakan bagian dari tumbuh kembang anak. Dalam mengoptimalkan tumbuh kembang si kecil, ibu dapat menyertakan juga konsumsi susu pertumbuhan Wyeth S-26 Procal Gold untuk usia 1-3 tahun, atau Wyeth S-26 Promise Gold untuk usia 3-12 tahun maupun Wyeth S-26 Nutrisure Gold untuk 1-10 tahun. Tinggal sesuaikan dengan usia anak.

Nah, kembali pada topik pembahasan tentang cerita yang memberikan nilai positif dalam mendukung optimalnya tumbuh kembang si kecil. Cerita anak mempunyai ruang imajinasi yang lebih luas dibandingkan dengan cerita jenis lainnya. Berbagai keadaan di dalam cerita dapat memberikan suasana yang bermacam-macam dan saat anak dibacakan sebuah cerita, imajinasinya bakal berjalan sesuai dengan jalan yang ada di dalam cerita. Inilah yang kemudian dapat menstimulasi kreativitas anak.

Ketika proses ibu bercerita kepada si kecil, si kecil mengalami proses untuk berpikir dari apa yang ia dengarkan. Secara perlahan anak akan membayangkan kondisi yang dalam cerita, baik bentuknya ataupun suasananya. Dalam momen ini ibu dapat memberikan stimulasi untuk tumbuh kembang anak dengan membantunya dalam meningkatkan imajinasi seperti dengan menceritakan dengan detail tentang isi dari cerita. Berikan pemahaman yang lugas namun tetap lembut kepada si kecil.

Tumbuh kembang anak usia 1 tahun

 

Contohnya saja ibu menceritakan sebuah cerita tabel tentang kelinci, berikan gambaran pemahaman hewan kelinci itu seperti apa. Ketika anak sudah mempunyai kemampuan untuk memegang pensil dengan baik dan menggunakannya, ibu juga dapat mengajak dan mengajarkan pada si kecil untuk menggambar karakter kelinci. Tentu kegiatan menggambar ini sangat berpengaruh positif terghadap tumbuh kembang anak 1 tahun lantaran dapat melatih sistem motoriknya. Dari kegiatan tersebut juga imajinasi dan kreativitas si kecil bakal berkembang secara perlahan. Biarkan dengan tetap dampingi si kecil ketika mencoba menggambar karakter kelinci.

Berikan berbagai stimulasi yang dapat mendukung tumbuh kembang anak berjalan dengan optimal. Ada banyak sekali kegiatan menarik yang bisa dilakukan. Berikan pada keseharian si kecil. Ibu tentunya mengharapkan si kecil bertumbuh dan berkembang secara optimal bukan ? Interaksi dengan baik menjadi bagian yang sangat penting juga untuk memberikan dukungan dalam tahap tumbuh kembang si kecil. Seperti salah satunya interaksi yang dibangun lewat menceritakan sebuah cerita dongeng pada si kecil.

Sumber Informasi : https://www.parentingclub.co.id/smart-stories/mengenali-tahapan-tumbuh-kembang-anak-usia-batita