Tips Merawat Baju Koko

Tips Merawat Baju Koko

Tips Merawat Baju Koko

Terkadanng banyak orang menghiraukan tentang perawatan baju koko, padahal merawat baju koko itu susah-susah gampang. Jika tidak benar dalam perawatan, baju kita akan mudah rusak. Namun ada juga yang berpikir bahwa perawatan baju koko harus dengan ekstra hati-hati, bahkan ada diantara mereka mengeluarkan uang yang tidak sedikit untuk merawat baju koko mereka agar selalu terlihat seperti baru. Sebenarnya merawat baju koko sangat mudah dan gampang dilakukan namun perlu ketelitian agar tidak mudah rusak. Berikut ini tips merawat baju koko dengan baik dan benar tanpa biaya mahal :

 

  1. Pisahkan warna baju sebelum mencuci

Saat kamu hendak akan mencuci baju sebaiknya pisahkan baju koko yang berwarna dengan baju koko putih. Hal ini bertujuan agar baju yang berwarna yang mudah luntur tidak dapat mengenai baju koko putih anda. Dan sebaiknya mendahulukan mencuci baju koko berwarna putih lalu kemudian mencuci baju koko yang berwarna.

 

  1. Baju jangan terlalu sering dicuci

Bila kamu baru memakainya sekali dan baju belum terlihat kotor serta bau sebaiknya baju tidak dicuci dulu. Hal ini dikarenakan agar serat baju tidak rusak dan warna tidak cepat pudar. Menjemur baju koko dibawah sinar matahari cukup selama 2 atau 3 jam dan jangan menjemur baju terlalu lama hal ini dapat mengakibatkan warna baju menjadi pudar atau belel dan baju juga akan menjadi kaku.

 

  1. Cucilah baju dengan air mengalir

Saat kamu sedang mencuci ada baiknya jika baju yang akan kamu bilas, bilaslah dengan air mengalir supaya kuman tidak ikut menempel lagi dan bekas air cucian tidak mengendap di baju. Hindari mencuci mengunakan air panas hal ini dapat mengakibatkan baju koko kamu bisa mengkerut dan cepat rusak.

 

  1. Hindari mencuci dengan menyikat baju

Ada baiknya jika kamu mencuci baju koko tanpa menyikatnya, sikat pakaian bisa merusak baju kamu apalagi jika baju koko kamu terbuat dari bahan yang memiliki serat halus dan kecil sehingga sensitive untuk disikat membuat baju koko kamu menjadi sedikit berbulu.

 

  1. Gunakan pemutih ramah lingkungan

Baju koko berwarna yang kotor jika di beri pemutih yang berbahan keras maka warna pakaian akan cepat luntur. Gunakanlah pemutih yang ramah lingkungan dan tidak merusak warna pakaian agar baju anda tetap terjaga warnanya.

 

  1. Mencuci dengan tangan akan lebih aman

Terkadang mencuci menggunakan mesin cuci bisa membuat baju koko kamu cepat rusak apalagi jika baju koko kamu berbahan dari kain yang berserat halus, sebaiknya mencuci dengan tangan akan lebih aman untuk merawat baju koko kamu karena dengan tangan kamu bisa merasakan dan melihat bagian mana yang kotor untuk dicuci.

 

  1. Simpan baju dengan rapi

Simpan baju koko kamu dengan cara digantung atau dilipat untuk dimasukkan di dalam lemari  agar dapat menghindarkan baju koko kamu dari debu, hewan pemakan baju dan benda-benda yang berpotensi merusak pakaian kamu. Letakkan lemari pada tempat yang sejuk dan jangan menaruhnya di tempat yang lembab untuk menghindari jamur dan perubahan warna pada baju kamu karna cuaca. Kamu juga bisa menambahkan pengharum lemari pakaian untuk menghilangkan bau apek yang jika disimpan terlalu lama.

 

Nah, itulah beberapa tips dalam merawat baju koko supaya baju koko kesayangan kamu tidak cepat rusak atau warnanya akan menjadi cepat pudar tapi perlu ketelatenan juga dalam merawatnya agar terlihat seperti baru lagi. Semoga artikel yang telah kami sajikan dapat bermafaat buat kamu. Baca juga Tips Memilih Baju Koko Trendy ^_^