Suku Sasak Di Dusun Sade Lombok

Dusun-sade-Lombok

Wisata lombok – Mungkin saja nama Suku Sasak sangatlah familiar di telinga kita sebagai warga negara Indonesia. Ya, Suku Sasak memanglah adalah satu suku asli yang ada dan mendiami pulau yang ada di Indonesia. Lalu ada di pulau apakah Suku Sasak ini?, Suku Sasak ialah satu suku yang menempati pulau nan indah yang beradadibagian timur Indonesia. Pulau indah ini di kenal dengan nama Pulau Lombok.
Sejatinya nama Sasak ditarik dari kata sak sak yang mempunyai pengertian sampan.Danorang-orang Suku Sasak sendiri datang dari kata sa’-saq yang artinya yang satu. Sasak adalah satu suku yang begitu unik. Suku Sasak populer dengan kebiasaan Wetu Telunya. Lalu apakah arti dari Wetu Telu?, Wetu Telu yaitu satu kebiasaan keyakinan Islam yang mempunyai keterpaduan dengan unsur – unsur Budhaisme, Hindhuisme dan keyakinan tradisional dari orang-orang setempat di Dusun Sade. Tetapi meskipun mereka mempunyai keyakinan Wetu Telu, sebagian besar Suku Sasak beragama Islam. Tetapi masih tetap ada juga beberapa  warga Suku Sasak yang mempunyai keyakinan Annimisme-Budhismeyang seringkali dikenal dengan penamaan aliran Bodha.

Desa di Lombok yang mempunyai Suku Sasak sesungguhnya terdapat banyak jenis seperti Desa Bayan, maupun Dusun Sade. Keduanya sampai sekarang ini masih tetap menyimpan Suku Sasak komplit dengan kebudayaannya. Tetapi untuk anda yang benar-benar pingin memahami Suku Sasak lebih jauh lagi baik tentang kebudayaannya sampai kerajinan dan bagaimana cara mereka hidup ,yang paling pas buat anda kunjungi yaitu Dusun Sade.

Dusun Sade adalah dusun yang mempunyai Suku Sasak serta ada di Desa Rembitan, Lombok Tengah yang beradakira-kira 30 km dari arah Kota Mataram. Penduduk yang bermukim di Dusun Sade ini tak terpengaruh budaya luar bahkan juga masih tetap erat menelurkan kebiasaan budaya mereka serta tetaplah mempertahankannya. Mereka masih tetap menjaga budayanya, keseniannya, adat istiadatnya, tradisinyasampai rumah adatnya masih tetap mencerminkan mengenai bagaimana Suku Sasak sebenarnya. Histori Suku Sasak di Dusun Sade akan anda dapatkan di Dusun Sade ini.

Bila anda menuju ke Dusun Sade, anda bakal mendapatkan bermacam ucapan selamat datang yang akan menyambut kedatangan anda. Ucapan selamat datang dari Dusun Sade ini tampak lewat rumah – rumah adat yang masih tetap berdiri kokoh di Dusun Sade yang mencerminkan seperti apa kebudayaan zaman dahulu Dusun Sade. Berikut ini merupakan ucapan selamat datang yang bisa anda dapatkan disaat mengunjungi  Dusun Sade. Bila kita lihat tempat tinggalnya sepintas ,bakal terlihat rumah tempat tinggal berbahan kayu serta ijuk dan jerami yang makin menggambarkan budaya serta kebiasaan Orang-orang Suku Sasak. Tidak hanya berbahan yang unik, bentuk bangunannyapun juga benar-benar unik. Bentuk bangunan rumah tempat tinggal di Dusun Sade dengan atap yang tinggi serta agak meliuk. Sisi dalam dari tempat tinggal di Dusun Sade juga unik lantaran cuma terdapat dari 2 sisi saja yaitu sisi depan serta sisi belakang. Masing – masing dari sisi ini mempunyai manfaat masing – masing di mana sisi depannya mempunyai kegunaan untuk tempat terima tamu sedangkansisi belakangnya mempunyai kegunaan sebagai dapur dengan susunan posisi lebih tinggi 2 tangga dari sisi depannya. Di salah satu sisi rumah tempat tinggal bakal kita saksikan bagaimana caranya mereka memasak dikarenakan alat masak yang mereka pakai untuk memasak makanan benar-benar unik. Dalam memasak makanan mereka tak memakai kompor tetapiyang mereka pakai hanya tungku dengan kayu bakar yang sangat tradisional.

Bila anda mau tahu ebih dalamterkait mata pencaharian Suku Sasak,Dusun Sade bakal menuturkan bahwa mata pencaharian Suku Sasak juga sangatlah tradisional di mana bakal kita saksikan mereka yang laki – laki bermata pencaharian sebagai petani sedangkan mereka yang perempuan bermata pencaharian sebagai penenun.Itulahkegiatan harian untuk mereka yang tinggal di Dusun Sade.

Penasaran dengan kebudayaan Suku Sasak khas Pulau Lombok?, mudah-mudahan info yang kami jabarkan mengenai Histori Suku Sasak di Dusun Sade bisa buka cakrawala kita mengenai ragam budaya Suku suku di Indonesia yang sampai saat ini masih tetap dipertahankan dengan erat oleh mereka yang mempertahankannya.