menu masakan Indonesia

Sarapan Spesial Bersama Nasi Rawon Ala Orang Indonesia

Sarapan menjadi rutinitas pagi yang tak boleh sampai dilewatkan. Hal tersebut adalah karena sarapan merupakan cara terbaik yang bisa dilakukan untuk mencukupi kebutuhan gizi anda untuk menghadapi hari. Berbagai menu masakan Indonesia cocok untuk dijadikan menu sarapan diantaranya adalah nasi rawon. Nasi rawon merupakan salah satu makanan khas Indonesia yang berasal dari daerah jawa tepatnya surabaya. makanan khas Indonesia yang satu ini berbahan dasar Daging Sapi dan Kluwek. Kluwek merupakan kuah kental yang bisa kita dapatkan pada makanan khas indonesia ini sangat luar biasa, pasalnya bumbu rempah yang bercampur dengan kuah bisa membuat rasa yang pecah di dalam setiap kunyahan.

Bahan-bahan yang harus anda siapkan untuk membuat menu masakan Indonesia bernama rawon ialah 500 gram daging sapi bagian sengkel, 2 sendok makan minyak goreng untuk menumis, 2 cm lengkuas dan jahe yang digeprak, 2 batang serai, ambil dulu bagian putihnya lalu memarkan, 5 lembar daun jeruk purut, 2 sendok makan garam (secukupnya), 1 buah tomat merah, 1500 ml air untuk merebus. Untuk bumbunya anda harus menyiapkan 4 buah kluwek, yang diambil isinya, 6 butir bawang merah, 3 siung bawang putih, 2 cm kunyit, 1 sendok makan ketumbar yang disangrai, 1/2 sendok teh jintan, dan 2 batang cabai merah. Bahan-bahan tersebut disatukan dan dihaluskan.

Setelah menyiapkan bahan-bahan diatas anda dapat melanjutkan kepada cara membuat menu masakan Indonesia rawon ini sebagai berikut.  Pertama, rebus daging menggunakan air matang sampai matang dan empuk. Angkat daging yang sudah matang, lalu tiriskan. Sisihkan kuah daging, kemudian potong-potong daging dengan ukuran 1 1/2 cm, sisihkan. Kedua, panaskan minyak goreng. Tumis bumbu halus sembari diaduk hingga harum, lalu masukkan potongan daging, aduk hingga bumbu merata. Terakhir, tuangkan kaldu atau kuah rebusan daging dan masuki tomat potong. Taburi garam sesuai takaran, kemudian aduk rata dan masak terus dengan apir kecil kurang lebih selama 30 menit hingga air di wajan tiris.