Resep Ikan Mujair Pedas Manis dan Bumbu Rica Rica

resep-ikan-mujair-pedas-manis-dan-bumbu-rica-rica

Bagi yang hobi memasak ikan, selain resep pepes ikan kembung , Resep Ikan Mujair mungkin paling familiar diantara sekian banyak masakan berbahan dasar ikan lainnya. Ikan Mujair memang jenis ikan air tawar yang paling banyak disukai. Tekstur daging yang lembut dan kandungan gizi yang tinggi membuat Ikan Mujair lebih banyak dieksplorasi menjadi aneka masakan dengan citarasa khas.

Jika selama ini kita memasak Ikan Mujair hanya dengan cara digoreng, tapi hari ini kita akan mencoba resep yang berbeda yaitu Resep Ikan Mujair Pedas Manis dan Ikan Mujair Bumbu Rica Rica.

Resep Ikan Mujair Pedas Manis

Mujair Pedas Manis lebih tepat disajikan selagi masih hangat sebagai teman nasi. Rasanya yang unik dan lezat membuatnya menjadi masakan favorit semua keluarga. Langsung saja berikut ini Resep Ikan Mujair Pedas Manis.

Bahan Utama:

– 1 ekor Ikan Mujair ukuran besar
– 8 sdm kecap manis
– Gula dan garam (menurut selera)
– Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus:

– 15 buah cabe merah
– 10 buah cabe rawit
– 3 siung bawang putih

Bumbu halus ikan goreng:

– 1 sdt ketumbar
– 1 sdt garam
– 3 siung bawang putih

Cara memasak:

Setelah dicuci dan dibuang isi perutnya Ikan Mujair dipotong menjadi 3 bagian lalu direndam bumbu halus ikan goreng yang sudah dicampur sedikit air. Tunggu sekitar 15 menit supaya bumbu meresap. Panaskan minyak goreng, berikutnya goreng Ikan Mujair dengan api sedang hingga kering. Angkat lalu tiriskan.

Langkah berikutnya panaskan sedikit minyak lalu tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum dan berwarna kecoklatan. Masukkan gula, garam dan kecap. Yang terakhir masukkan ikan yang sudah digoreng. Aduk dan pastikan semua bumbu tercampur rata. Angkat lalu sajikan Ikan Mujair Pedas Manis siap disantap hangat-hangat.

Resep Ikan Mujair Bumbu Rica Rica

Resep Ikan Mujair kedua yang tak kalah seru ada Ikan Mujair Bumbu Rica Rica. Nah, untuk menikmati masakan dengan bumbu khas Sulawesi Selatan ini cukup kita praktekkan sendiri di rumah.

Bahan Utama:

2 ekor Ikan Mujair Ukuran Besar & 3 buah tomat

Bumbu-bumbu:

– 6 buah bawang merah
– 2 siung bawang putih
– 15 cabe rawit
– 1 cabe merah
– 1 sdt ketumbar
– 1 batang daun bawang
– 1 batang serai
– 1 cm kunyit
– 1 ikat Kemangi

Cara memasak:

Setelah dibersihkan Ikan Mujair dipotong masing-masing menjadi 2 bagian lalu lumuri bumbu yang sudah dihaluskan (kunyit, bawang putih, ketumbar dan garam). Tunggu sampai bumbu halus meresap.

Panaskan minyak goreng dengan api sedang. Pastikan volume minyak cukup untuk merendam ikan yang akan digoreng. Setelah panas goreng Ikan Mujair sampai matang. Angkat sisihkan.

Sementara itu haluskan tomat, caber rawit, cabe merah, bawang merah, bawang putih dan kunyit untuk membuat bumbu Rica Rica. Panaskan minyak secukupnya lalu tumis serai yang dimemarkan, daun bawang dan daun salam hingga harum.

Masukkan bumbu Rica-Rica, tumis kembali hingga harum lalu masukkan daun kemangi. Aduk hingga daun kemangi layu. Yang terakhir masukan Ikan Mujair goreng. Aduk pelan-pelan agar daging tidak hancur. Masak hingga matang dan pastikan bumbunya merata. Ikan Mujair Bumbu Rica Rica siap dihidangkan.

Resep Ikan Mujair goreng atau yang tidak menggunakan bahan cabe biasanya sangat disukai anak-anak. namun Mujair termasuk jenis ikan berduri kaku dan tajam. Jadi hati-hati saat memberikannya pada si kecil ya bunda…