Menyaksikan Pesona Gili Laba

Gili laba atau disebut gili lawa darat/laut merupakan sebuah pulau kecil yang masih berada dalam kawasan Taman Nasional Komodo. Jaraknya sekitar 1 jam perjalanan dari Pulau utama Komodo atau 4 jam perjalanan dari Labuan Bajo. Menuju objek wisata tersebut biasanya dengan menggunakan kapal motor. Pulau ini tidak memiliki penghuni dan tidak tersedia jaringan listrik untuk penerangan. Wisatawan disarankan untuk tidak datang terlalu pagi atau terlalu sore agar bisa menikmati pemandangan lebih lama.Bagi anda yang ingin menyaksikan keindahan alam di pulau tersebut, bisa menghubungi penyedia paket wisata taman nasional komodo untuk menjadikannya sebagai destinasi wisata alam anda.

Objek wisata satu ini menawarkan pemandangan mempesona laut Flores dari ketinggian. Pengunjung akan diajak mendaki pulau yang memiliki kemiringan sekitar 70 derajat. Pastikan Anda dalam kondisi yang sehat dan stamina yang fit mengingat jarak menuju puncak cukup tinggi dan menguras tenaga. Selain tinggi, pendakian di sini juga memiliki beberapa tantangan tersendiri. Pulau ini tidak memiliki jalur pendakian sehingga wisatawan menentukan sendiri jalurnya. Semakin tinggi yang Anda daki akan semakin kencang pula angin yang berhembus, oleh karena itu wisatawan harus berhati-hati.

Pendaki disarankan untuk membawa bekal air minum dan juga menyelingi pendakian dengan istirahat 3 atau 4 kali. Sekitar 30 sampai 40 menit Anda akan sampai di puncak pulau. Pendakian yang panjang dan melelahkan akan terobati begitu Anda melihat keindahan alam yang dianugerahkan pada Kepulauan Komodo. Hampir seluruh pulau di Gili Laba memiliki lembah dengan pemandangan padang rumput yang luas. Padang rumput tersebut terlihat begitu segar dengan warna hijau dan saat musim kemarau akan berubah menjadi berwarna kuning yang tidak kalah eksotis.

Pulau-pulau kecil di sekitarnya terlihat begitu menawan dengan beragam bentuknya yang berjajar mengelilingi laut Flores yang begitu luas, biru dan tenang. Semilir anginnya segar dan jauh dari pencemaran, senang menggoyang-goyangkan rerumputan yang ada. Saat berada di puncak jangan lupa untuk memperhatikan waktu kembali, jangan turun terlalu sore karena saat sudah gelap perjalanan turun Anda akan mengalami kesulitan. Selain itu jika hari masih terang Anda dapat menikmati pantai yang ada di Gili Laba. Pantai cantik dengan pasirnya yang putih dan bersih. Pemandangan indahnya ditambah lagi dengan beberapa burung yang terbang bebas di atas lautnya.