Mengenalkan Geguritan Bahasa Jawa Kepada Masyarakat

Geguritan bahasa jawa – Apakah kamu sudah pernah mendengan kata geguritan, mungkin di antara kamu masih sangat jarang yang pernah mendengarnya ataupun mengenalnya. Geguritan merupakan sebuah tembang jawa atau lantunan lagu lagu yang kerap kali dilaksanankan ketika pelaksaan yadnya. Untuk masa saat ini, walaupun geguritan sudah tidak begitu terkenal, tapi tetap masih ada beberapa daerah yang terus menembangkan lagu-lagu ataupun puisi ini agar budaya ini tidak hilang. Saat ini geguritan sudah disajikan dengan beberapa tema yang indah-indah. Tema yang digunakan tersebut sering kali berdasarkan dari pengalaman sipenggurit itu sendiri atau pengalaman pembutnya.

geguritan-tema-harapan

Kita harus terus mempertahankan geguritan ini karena geguritan bahasa jawa ini juga merupakan salah satu budaya yang memiliki nilai arti dan juga makna yang sangat dalam bagi indonesia. Walaupun pada saat ini masyarakat kita semakin asing dengan berbagai macam kebudayaan kita, dan hal tersebut tidak lepas dari beberapa faktor penyebab yang ada, seperti :

  1. Peminat geguritan sudah semakin sedikit, hal tersebut dikarenakan budaya geguritan ini sudah dinilai kuno dan juga ketinggalan jaman.
  2. Dalam penulisan geguritan pun juga sangat dibutuhkan skill yang mendalam tentang pemahaman bahasa jawa.
  3. Sedikit sekali orang yang melestarikannya. Hal ini dikarenakan penduduk jawa sendiri juga sudah jarang melantunkan tembang-tembang jawa ini.

Karena itu jika kamu memiliki pemahaman pada bahasa jawa dan juga memiliki keinginan untuk terus melestarikan budaya kita, kamu bisa terus mempelajari tentang geguritan ini dan menyebarkannya. Ada beberapa daerah yang masih mengenalkan geguritan pada masyarakatnya, seperti yogyakarta. Beberapa waktu yang silam yogyakarta juga mengadakan acara lombat melantunkan geguritan, tentu saja dengan demikian geguritan akan semakin dikenal oleh masyarakat, dan juga bisa sekaligus menjadi salah satu cara untuk memeriahkan salah satu hari nasional.

Sebagai bentuk nasionalis, kita jangan sampai terlalu mengikuti budaya barat hingga lupa dengan budaya sendiri bahkan sampai membeci budaya kita sendiri. Padahal indonesia ini kaya dengan budayanya yang memiliki nilai seni yang tinggi. Semoga Bermanfaat