Mengenal Tentang Jenis Ayam Buras

Ayam merupakan salah satu hewan yang hampir setiap hari dikonsumsi, baik itu dagingnya atau telurnya. Ayam tidak hanya diternak secara besar-besaran untuk sebuah bisnis, tetapi ada juga yang diternak sendiri untuk hobi seperti jenis ayam jago. Mempelajari tentang ternak ayam pasti sudah sering mendengar ayam buras. Bagi Anda yang belum mengetahui apa itu ayam jenis ini, simak penjelasan lebih lengkapnya berikut ini.

1. Pengertian

Unggas yang dapat dijumpai hampir di semua tempat ini memiliki beragam jenisnya seperti buras. Buras merupakan singkatan dari bukan ras, yang mengartikan jenis ayam yang tidak dipelihara secara masal. Buras lebih dikenal dengan sebutan ayam kampung. Biasanya ayam ini dipelihara dengan cara membebaskan ayam keluar di siang hari untuk mencari makan sendiri dan dimasukan ke dalam kandang pada petang atau saat menjelang gelap. Pemeliharaannya juga tidak ribet, cukup memberi tambahan dedak jika ayam terlihat terlalu kurus.

2. Jenis ayam

Ayam buras memiliki beberapa jenis yang berbeda-beda pada setiap negara. Di Indonesia jenis ayam ini antara lain adalah ayam kampung, ayam kate, dan ayam cemani. Ayam kampung cukup banyak ditemukan di pedesaan di Indonesia. Ayam kampung ini ukurannya tidak terlalu besar dan dikonsumsi daging ayamnya juga telurnya. Beberapa orang juga masih memanfaatkan telur ayam kampung sebagai jamu untuk kesehatan. Ayam kampung umumnya bertelur sekitar 10 hingga 15 dalam sekali telur. Sedangkan ayam kate merupakan jenis ayam yang ukurannya cukup mungil, lebih kecil dibandingkan dengan ayam kampung. Ayam kate tidak biasa untuk dikonsumsi melainkan hanya untuk hobi karena keunikan bentuk dan cara berjalannya. Ayam cemani menjadi salah satu unggas yang mudah untuk dikenali dengan warna hitamnya yang hampir menyeluruh mulai dari kepala, bulu, hingga kakinya.

3. Kelebihan dan kekurangan

Jika dibutuhkan untuk bisnis, jenis ayam ini kurang menguntungkan karena waktu pertumbuhan yang cukup lama dibandingkan dengan ayam ras. Ukuran yang lebih kecil juga membuat daging yang dapat dijual lebih sedikit dari pada daging yang dimiliki ayam ras. Walaupun begitu harga ayam ini dan juga telurnya memiliki selisih yang lebih tinggi dibandingkan dengan ayam ras.

Itulah beberapa informasi seputar ayam buras. Semoga dapat menjadi tambahan wawasan Anda mengenai ayam. Jangan lupa untuk selalu membersihkan kandang ayam agar ayam tidak terserang virus karena ayam yang berkeliaran bebas.