langkah - langkah sterilisasi alat kesehatan

Langkah – Langkah Sterilisasi Alat Kesehatan Rumah Sakit

Dunia medis saat ini bisa dibilang sudah mengalami berbagai perkembangan yang sangat pesat, hal ini terbukti dengan ditemukannya berbagai jenis alat kesehatan yang semakin memudahkan para tenaga medis di tempat pelayanan kesehatan seperti puskesmas, klinik dan rumah sakit dalam melakukan perawatan serta pengobatan pada pasien.

langkah - langkah sterilisasi alat kesehatan

Dengan seringnya alat kesehatan tersebut digunakan maka perlu dilakukan perawatan yang baik agar tetap awet dan tahan lama. Selain itu yang perlu diperhatikan juga adalah bahwa dengan dipakainya alat kesehatan pada orang yang berbeda-beda dan sering bersentuhan dengan obat atau bahan kimia tentu alat-alat tersebut akan semakin mudah terkena bakteri. Hal ini tentu akan berbahaya jika sampai bakteri-bakteri tersebut mengenai pasien. Sehingga setelah digunakan perlu dilakukan sterilisasi guna membunuh semua bakteri yang menempel.

Berikut adalah langkah-langkah sterilisasi alat kesehatan yang bisa dilakukan : 

Pertama persiapkan terlebih dahulu alat-alat yang digunakan untuk mensterilkan seperti kasa, larutan pembersih, lap kering, bengkok dan tempat untuk mencuci. Beberapa alat tambahan lain juga perlu disiapkan seperti kapas dan karet.

Setelah semua alat sterilisasi sudah siap, selanjutnya adalah membuat cairan desinfektan untuk mencegah timbulnya infeksi silang dengan mencampurkan larutan gigasept dengan air. Setelah itu semua alat kesehatan yang akan disterilkan disabuni satu per satu, bilas kemudian keringkan. Pindahkan alat yang sudah disterilkan tersebut ke tempat penyimpanan menggunakan korentang steril.

Untuk alat yang terbuat dari bahan logam, pembilasan dapat dilakukan memakai air yang mengalir agar kotoran yang melekat hilang, setelah itu rendam kurang lebih selama 2 jam dengan larutan pembersih. Untuk alat kesehatan yang digunakan pada pasien dengan penyakit menular perendaman harus dilakukan selama 24 jam.

Cara ini mungkin akan terasa repot dan melelahkan apabila alat yang disterilkan cukup banyak, oleh karena itu dibutuhkan sebuah alat sterilisasi yang bisa mensterilkan beberapa alat kesehatan dalam satu kali jalan. Salah satu alat yang bisa digunakan adalah autoclave, alat sterilisasi ini bekerja dengan menggunakan tekanan dan suhu tinggi (121 derajat celsius) dengan waktu yang dibutuhkan untuk proses sterilisasi sekitar 15 menit. Anda bisa mendapatkan alat satu ini di distributor atau toko alat kesehatan terdekat di kota anda atau bisa juga membelinya secara online di situs online-shop askes yang jual autoclave.

Terakhir, untuk melakukan sterilisasi pada alat kesehatan yang terbuat dari bahan karet cara yang bisa dilakukan untuk membersihkannya adalah menggunakan kapas kemudian disemprot dengan air yang mengalir dan dipijat. Apabila semua peralatan tersebut sudah bersih barulah dilakukan perendaman dengan cairan desinfectant kurang lebih selama 2 jam, panaskan hingga mendidih setelah itu barulah diangkat dan dipindahkan ke tempat penyimpanan.