Khasiat Daun Nangka Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Khasiat daun nangka memang belum banyak diketahui orang. Seringnya pohon nangka ditanam untuk dimanfaatkan batangnya menjadi salah satu bahan dalam pembangunan rumah, buah yang masih muda bisa diolah jadi sayur dan kalau sudah matang bisa dijadikan hidangan buah. Daun nangka kuning yang berserakan di sekitar pohonnya pasti membuat sebagian dari Anda merasa jengkel. Namun ternyata daun nangka kuning mengandung berbagai mnafaat lho.

Khasiat Daun Nangka untuk Kesehatan

Khasiat Daun Nangka untuk Kesehatan

Meskipun dianggap sebagai sampah yang mengotori halaman rumah, namun ternyata daun nangka kuning memiliki berbagai manfaat. Bagi yang belum mengetahui secara detail tentang daun nangka, berikut ini adalah morfologi daun nangka yang bisa dipelajari. Tanaman nangka merupakan tanaman jenis buah yang masuk ke dalam famili malvaves. Tanaman nangka hanyalah dapat tumbuh di kawasan daerah tropis. Genus dari pohon nangka ialah Artocarpus dan spesiesnya adalah Artocarpus heterophyllus. Daun nangka termasuk dalam daun tunggal yang tumbuh secara selang-seling di ranting pohonnya. Daun nangka memiliki permukaan atas yang halus dan warnanya cenderung hijau cerah dan lebih gelap. Sedangkan permukaan daun nangka bagian bawah bertekstur kasar. Penumpu daun ini berwarna kuning cenderung coklat dengan bentuk segitiga.

Salah satu khasiat daun nangka kuning ialah sangat baik untuk pengobatan penyakit hepatitis atau liver. Penyakit hepatitis dapat menyerang karena beberapa faktor seperti:

  • Terjadi kelainan hati sejak lahir
  • Terjangkit virus dan bakteri
  • Adanya kelainan dalam organ dan proses metabolisme tubuh
  • Keracunan jamur aflatoxin, vinyl chloride, anabolic teroids dan arsenic,
  • Kekurangan asupan gizi, kecanduan nikotin, narkoba dan minuman keras
  • Terjadi kelainan hati karena konsumsi obat kimia berlebih.

Daun nangka kuning mampu dengan efektif mengobati penyakit hepatitis karena memiliki berbagai kandungan. Kandungan kimia daun nangka ini direkomendasikan untuk obat antidiabetes sebab manfaat ekstrak daun nangkanya yang memberikan efek hipoglikemi. Ditambah lagi daun pohon nangka juga bisa dipakai sebagai pelancar ASI, luka (obat luar), serta borok (obat luar). Lalu bagaimana cara membuat ramuan daun nangka kuning untuk mengobati hepatitis? Mudah sekali, ikuti beberapa langkah dan tahapan pembuatan ramuan dun nangka kuning untuk sakit liver atau hepatiis.

  • Ambil daun nangka kuning atau kering kemudian dicuci sampai bersih (9 helai untuk lima hari pertama dan berkurang satu setiap lima hari sekali).
  • Kemudian rendam daun nangka kuning ke dalam air hangat sebentar saja.
  • Remas-remas daun nangka tersebut hingga keluar airnya.
  • Peras dan saring air daun nangka yang diremas tersebut.

Air perasan inilah yang sangat efektif mengobati hepatitis atau liver. Minum ramuan ini satu kali dalam sehari. Jangan cemas karena daun nangka tidak memiliki efek samping negatif bagi kesehatan. Efek samping daun nangka sangat baik untuk menjaga kesehatan dan mengobati liver karena berbagai kandungan nutrisinya.

Khasiat Daun Nangka untuk Kecantikan

Khasiat daun nangka kuning yang tidak hanya baik bagi kesehatan saja namun juga sangat baik bagi kecantikan. Tidak hanya bagi kaum hawa, daun angka juga dapat secara efektif digunakan oleh para pria yang bermasalah minyak wajah berlebih sehingga membuat jerawat menjadi subur bermunculan. Kandungan vitamin C dan beberapa nutrisi lainnya dalam daun nangka sangat efektif dalam mengobati jerawat yang menjengkelkan. Bahkan penggunaan daun nangka untuk menjaga kesehatan kulit wajah sudah dilakukan oleh nenek moyang terdahulu. Khasiat daun nangka terbaru ini mendapat sambutan dan respon yang sangat positif dari sebagian besar masyarakat. Lalu bagaimana cara mencegah atau menghilangkan jerawat dengan daun nangka kuning?

  • Ambil 9 helai daun nangka kuning kemudian cuci bersih.
  • Setelah itu, potong-potong daun tersebut menjadi bagian-bagian kecil lalu tumbuk sampai halus. Beri 7 tetes air, lalu aduk rata.
  • Bersihkan wajah dan lap dengan handuk lembut sampai benar-benar kering.
  • Gunakan tumbukan daun nangka kuning tersebut sebagai masker yang sioleskan di seluruh permukaan wajah terutaa yang berjerawat.
  • Diamkan selama 20 menit lalu bersihkan wajah hingga bersih. Lakukan minimal 2 kali dalam satu minggu maka wajah akan terbebas dari jerawat dan yang paling penting tidak akan meninggalkan noda hitam.

Demikian berbagai informasi tentang khasiat daun nangka bagi kesehatan dan kecantikan.