Mari Kita Mengenal Inkubator Bayi

Salah satu jenis ruang yang ada di Rumah Sakit atau pun Klinik adalah NICU (Neonatal Intensive Care Unit) yaitu sebuah ruangan khusus untuk perawatan bayi yang baru lahir. Di dalam ruangan tersebut biasanya terdapat banyak peralatan atau instrument kesehatan yang digunakan untuk menangani bayi yang baru lahir salah satunya adalah Inkubator Bayi. Untuk pelayanan kesehatan yang baik hendaknya digunakan peralatan baru dengan kualitas baik, jangan 2nd walaupun sampai saat ini banyak juga yang jual inkubator bayi bekas.

Berbicara tentang Inkubator Bayi, tahukah anda apa Inkubator Bayi dan apa fungsinya ? Kali ini saya akan berbagi kepada pembaca semua mengenai hal tersebut. Pertama mari kita cari tahu definisi Inkubator Bayi. Inkubator Bayi adalah sebuah alat medis yang digunakan untuk perawatan bayi yang baru lahir khususnya Bayi Prematur yang mengalami gangguan kesehatan.  Bentuk Inkubator Bayi hampir sama dengan kebanyakan Inkubator hanya saja banyak dilengkapi dengan komponen lainnya yang lebih komplek.

Fungsi Inkubator Bayi

Inkubator Bayi digunakan ketika ada seorang bayi terlahir dalam keadaan prematur atau sebelum umur bulannya di lahirkan. Pad kebanyakan kasus bayi prematur tidak mengalami gangguan apapun, namun di sisi lain, ada juga kondisi bayi prematur yang mengalami sedikit permasalahan. Oleh karena itu, bayi tersebut harus dimasukkan ke dalam Inkubator Bayi untuk menjalani perawatan khusus. Inkubator Bayi telah didesain dan dilengkapi dengan berbagai macam perangkat seperti sensor suhu, pengatur kelembaban dan sejenisnya. Sehingga bayi akan merasa nyaman di dalamnya. Selain itu, Inkubator Bayi adalah ruangan yang tertutup, sehingga bayi akan aman dari gangguan virus dan bakteri yang dapat mengganggu kesehatannya.

Bayi Prematur belum memiliki organ yang sempurna, sehingga kondisi fisik dan organ belum mampu menangkal serangan penyakit dari luar. Seperti kondisi bayi Kuning. Yaitu dimana kadar bilirubin dalam tubuh si bayi berlebihan karena fungsi liver yang memecah bilirubin belum sempurna. Oleh karena itu bayi prematur perlu dirawat dengan intensif di dalam Inkubator Bayi sampai kondisinya benar – benar siap untuk menghadapi keadaan di luar.