Ingin Membuat Takjil dan Kue Lebaran, Kenali Jenis Terigu Ini

 

Saat memasuki bulan Ramadhan, pedagang makanan memang semakin banyak dipinggiran jalan.  Aneka jenis makanan dijajakan untuk menu buka puasa. Bukan hanya makanan utama saja, tetapi aneka kue yang lezat pun ditawarkan sebagai takjil untuk buka puasa. Para pedang kue kering pun turut memeriahkan suasana Ramadhan, dengan berjualan kue yang mulai banyak dijual menjelang hari lebaran.

Namun, jika bisa membuat sendiri dirumah tidak ada salahnya kamu mencoba membuat takjil dan kue lebaran sendiri. Tetapi ada hal pokok yang harus diketahui untuk membuat menu takjil atau kue lebaran, tak lain ialah jenis tepung terigu yang digunakan.

Nah, ternyata tepung terigu itu terbagi menjadi 3 jenis yang berbeda yang dibedakan berdasarkan tingkatan proteinnya. Supaya tidak bingung, berikut ini 3 jenis tepung terigu yang perlu diketahui jika ingin membuat takjil atau kue lebaran.

 

#1 Tepung Terigu Protein Sedang

Inilah jenis tepung terigu yang paling sering digunakan dan paling banyak dijual diwarung-warung terdekat, jenis terigu yang satu inipun memiliki merek yang beragam. Jenis tepung terigu yang satu ini memang bisa dikatakan serbaguna karna bisa digunakan untuk segala masakan yang berbahan tepung, menggunakan tepung inipun sebenarnya lebih spesifik mengubah citarasa tersendiri.

#2 Tepung Terigu Protein Rendah

Jenis terigu yang satu ini memang minim dari penyerapan air, sehingga sangat cocok untuk membuat makanan yang renyah. Seperti membuat gorengan, friend chicken, biskuit, cookies, dan lainnya. Jadi gunakan jenis tepung terigu ini saat ingin membuat kue labaran ya, dijamin rasa yang dihasilkan akan lebih renyah dan disukai keluarga.

Beberapa pembuatan cake dan bolu pun lebih cocok menggunakan jenis terigu iniloh, seperti pembuatan kue yang dikukus. Dengan menggunakan terigu jenis ini bisa membuat kue yang dibuat akan terasa lebih empuk.

#3 Tepung Terigu Protein Tinggi

Tepung terigu jenis ini biasanya digunakan untuk pembuatan terigu dan mie. Sifatnya yang cocok dengan ragi, membuat tepung ini dapat mengembang dengan sempurna. Oleh sebab itu, jenis tepung ini sangat cocok untuk membuat donat. Jenis tepung terigu yang satu ini sifatnya wajib dalam pembuatan roti dan juga mie, karna dalam pembuatan roti dan mie tidak bisa digantikan dengan jenis tepung lainnya. Jadi jangan coba-coba membuat mie atau roti dengan jenis tepung terigu lainnya ya, karna hasilnya nanti tidak akan mengembang.

Demikian 3 jenis tepung terigu yang perlu diketahui, jadi untuk membuat menu takjil buka puasa dan kue lebaran tidak perlu bingung lagi menggunakan jenis terigu apa. Jadi, supaya pembuatan takjil dan kue lebaran tidak gagal pastikan kamu sudah menggunakan jenis terigu yang benar ya.