Hikmah Sholat Dhuha Beserta Doa Sholat Dhuha

Sholat dhuha merupakan salah satu ibadah sholat sunnah yang menyimpan banyak hikmah. Beruntunglah kita yang istiqomah mengawali hari dengan mengerjakan sholat dhuha terlebih dahulu. Efiensi dari sholat dhuha akan lebih sempurna ketika kita menutup ibadah sunnah dhuha dengan membaca doa sholat dhuha.

Sholat dhuha menjadi salah satu ikhtiar kita dalam memohon rezeki yang halal lagi baik dari Allah Sang Penguasa Jagad Raya. Kita sebagai hamba tidak bisa mengatur berapa banyak rezeki yang harus kita atau orang lain terima. Hanya Allah yang berhak sepenuhnya.

Sholat sunnah dhuha ini dihukumi sunnah mu’akad, yang artinya bahwa sholat dhuha adalah sunnah yang disyari’atkan atau yang dikuatkan. Sehingga tidak heran jika banyak anjuran yang mengingatkan kita akan betapa mulia dan istimewanya sholat dhuha ini.

bersiap.com

Sholat Dhuha adalah Sedekah

Dalam tubuh kita terdapat 360 ruas tulang yang wajib kita sedekahi setiap harinya. Bayangkan bagaimana sulitnya jika kita harus menyedekahkannya satu persatu? Habis sudah waktu kita untuk ikhtiar mencari rezeki Allah jika waktu kita digunakan untuk mengeluarkan sedekah dari setiap ruas tulang. Untuk itulah kita dianjurkan untuk sholat dhuha, sebab sholat dhuha bernilai 360 sedekah.

Sholat Dhuha sebagai Investasi Cadangan

Sudah kita ketahui bahwa ibadah – ibadah sunnah merupakan penyempurna ibadah wajib. Demikian pula berlaku untuk sholat dhuha ini. Sholat dhuha bisa menyempurnakan ibadah wajib (sholat fardhu) kita.

Doa Sholat Dhuha sebagai Pengingat Kita

Doa sholat dhuha mengajarkan kita bahwa seluruh rezeki di alam semesta ini hanyalah milik Allah, tugas kita hanya berikhtiar dan berdoa. Allah yang berhak mengatur berapa banyak rezeki yang akan diberikan kepada kita. Allah pula yang berhak menentukan apakah Allah akan memberikan rezeki kepada si A, B, dan C atau tidak.

Dari sini kita belajar bahwa sebanyak apapun dan sebesar apapun pengorbanan yang kita lakukan untuk mendapatkan rezeki, tetap ada campur tangan Allah di dalam-Nya. Oleh karena itulah kita harus berdoa, memohon agar dianugerahi rezeki yang halal.

Doa Sholat Dhuha dan Artinya

Sebagai pengingat, mari kita baca lagi doa sholat dhuha dan artinya berikut ini.

“Wahai Tuhanku, sesungguhnya waktu dhuha adalah waktu dhuha-Mu, keagungan adalah keagunan-Mu, keindahan adalah keindahan-Mu, kekuatan adalah kekuatan-Mu, penjagaan adalah penjagaan-Mu, Wahai Tuhanku, apabila rezekiku berada di atas langit maka turunkanlah, apabila berada di dalam bumi maka keluarkanlah, apabila sukar mudahkanlah, apabila haram sucikanlah, apabila jauh dekatkanlah dengan kebenaran dhuha-Mu, kekuasaan-Mu (Wahai Tuhanku), datangkanlah padaku apa yang Engkau datangkan kepada hamba-hambaMu yang soleh”.

Demikian tadi beberapa hikmah sholat dhuha beserta bacaan doa sholat dhuha lengkap dengan artinya.

Semoga informasi di atas bermanfaat ya.