Hal Yang Dapat Anda Lakukan untuk Menikmati Pantai Pasir Timbul

Pantai pasir timbul merupakan sebuah hamparan pasir putih yang membentuk pulau kecil di tengah lautan Raja Ampat. Anda dapat menikmati indahnya pantai pasir timbul saat air laut sedang surut. Keberadaan pantai yang menawan satu ini memang tergantung pada pasang surutnya air laut. Saat air laut pasang pantai tidak terlihat dan akan muncul saat air laut surut, itulah yang membuat pantai ini dinamakan pantai pasir timbul. –trip raja ampat

Menikmati Indahnya Pantai Pasir Timbul Raja Ampat
Wisatawan biasanya menjadikan tempat ini sebagai penutup untuk rangkaian wisata di  Raja Ampat. Lokasi ini dapat ditempuh sekitar 30 menit dari Waisai, ibu kota Kabupaten Raja Ampat dengan menggunakan perahu motor sedang. Pantai pasir timbul berada tak jauh dari Pulau Koh. Memilih waktu sore hari lebih disarankan karena pada saat itu laut sedang surut sehingga pantai pasir timbul akan terlihat. Raja Ampat memang tak ada habisnya membuat para wisatawan kagum padanya. Setelah memandang luas gugusan pulau karang dari puncak bukit, Anda diajak untuk kembali terpana dengan indahnya pantai pasir timbul. Hamparan pasir putih yang menjulang diantara biru dan jernihnya air laut menggoda wisatawan untuk menginjakan kaki di pantai cantik ini.

Suasana yang diberikan alam Raja Ampat benar-benar mampu membius para turis yang berkunjung. Ombak pantai yang bergulung-gulung dan tak berhenti berkejaran akan menghipnotis siapa saja yang melihatnya. Biasanya kapal yang digunakan tidak mendekat ke wilayah pasir karena dangkalnya air laut. Air laut yang tampak begitu bening sebening kaca akan memperlihatkan keindahan pemandangan karang di bawahnya. Ikan kecil berwarna-warni berenang bebas seolah-olah mengajak wisatawan untuk menceburkan diri ke laut.

Indahnya pantai pasir timbul di Raja Ampat ini berukuran hanya sekitar 100-150 meter persegi. Di pantai ini Anda hanya akan melihat hamparan pasir putih karena memang tak ada pohon ataupun hewan di pantai pasir timbul. Jangan lupa untuk mengabadikan suasana di pantai pasir timbul terlebih lagi di sore hari dengan keindahan warna senja di cakrawala. Anda bisa berfoto di area pasir putih atau pun di sekitar laut yang kedalamannya cukup dangkal. Keindahan biota di bawah laut juga bisa Anda foto. Karang di sekitar pantai pasir timbul termasuk pemandangan indah lainnya yang perlu Anda ambil gambarnya. Karang dengan berbagai bentuk dan berbagai warna melengkapi pemandangan bawah laut yang mengagumkan.

Laut lepas yang sangat luas dengan gradasi warna yang apik membuat Raja Ampat bagai sejengkal surga yang jatuh ke bumi. Dan beruntungnya Indonesia memiliki salah satu surga dunia dengan pemandangan luar biasa, jumlah dan bentuk karang yang mengagumkan, serta keanekaragaman makhluk lautnya. Anda harus maksimalkan suasana untuk menikmati indahnya pasir timbul sebelum air laut mulai meninggi dan pantai akan tenggelam. Saat itulah Anda harus berpisah dengan pantai pasir timbul dan kembali ke penginapan.