Cara Menjaga Kesehatan Ginjal

Ginjal merupakan  salah satu organ vital yang terdapat dalam tubuh manusia yang mempunyai fungsi sebagai sistem ereksi pada manusia. Manusia memiliki sepasang ginjal pada tubuhnya yang  daerahnya terletak dekat pinggang. Organ ginjal pada tubuh manusia mempunyai ukuran panjang 10 cm dan beratnya kurang lebih sekitar 200 gram. Banyak peran penting yang dimiliki oleh ginjal diantaranya adalah untuk mengatur tekanan darah, merangsang sumsum tulang, pengatur keseimbangan asam basa, membuat sel darah merah, dan mempertahankan kalsium untuk tulang.

Karena banyaknya fungsi ginjal bagi tubuh, sudah seharusnya kita menjaga ginjal kita agar tetap sehat sehingga bisa berfungsi dengan baik dalam tubuh. Di bawah ini adalah beberapa tips untuk menjaga kesehatan ginjal :

  1. Mengatur pola makan

Tips yang pertama adalah dengan menjaga dan juga mengatur pola makan. Makanan yang baik untuk menjaga ginjal tetap sehat adalah sayuran dan juga buah-buahan yang ditanam tanpa menggunakan pupuk organik.  Selain itu kita juga harus bisa mengurangi bahkan kalau bisa menjauhi makanan olahan dan terlalu banyak garam. Makanan lainnya yang cukup bagus untuk kesehatan ginjal adalah ikan atau daging putih yang tidak berlemak.

2. Aktif dalam bergerak

Salah satu cara yang paling mudah untuk menjaga kesehatan ginjal adalah dengan aktif bergerak. Aktivitas fisik seperti olahraga dapat membuat tubuh manusia tetap sehat dan bugar. Maka dari itu biasakanlah untuk olahraga secara teratur dan jangan bermalas-malasan.

3. Menjaga berat badan

Kelebihan lemak dapat menyebabkan perut buncit, dan hal ini tentu akan mengurangi kepercayaan diri seseorang. Selain berpengaruh terhadap sisi emosional seseorang, tumpukan lemak yang berlebih juga akan berdampak negatif terhadap kesehatan termasuk organ ginjal. Tumpukan lemak dalam tubuh akan membuat organ bekerja ekstra untuk mengikis tumpukan lemak tersebut sehingga apabila hal ini berlangsung cukup lama otomatis akan melemahkan kinerja organ dalam tubuh.

4. Jauhi alkohol dan juga roko

Meskipun telah banyak diketahui orang bahwa minuman beralkohol dan juga roko sangat berbahaya bagi paru-paru dan ginjal, namun tetap saja masih banyak yang mengkonsumsinya. Padahal jika kebiasaan buruk tersebut terus dilakukan akan mengundang berbagai macam penyakit bagi tubuh. Maka dari itu, apabila paru-paru dan ginjal ingin tetap sehat dan berfungsi baik, hindari konsumsi alkohol dan juga roko mulai dari sekarang.