Cara Mengecilkan Ukuran PDF dengan Mudah

Cara Mengecilkan Ukuran PDF dengan Mudah – Ternyata cara untuk memperkecil ukuran file PDF tidak sesulit yang dibayangkan. Khususnya bagi kalian yang sedang kebingungan akan mendaftar kerja di sebuah instansi dan perusahaan yang mengharuskan kita untuk upload file Pdf baik itu ijazah, trankrip nilai, sertifikat, dan lainnya secara online tetapi dibatasi ukuran atau size maksimalnya.

 

File PDF sendiri merupakan salah satu tipe file dokumen digital yang paling sering dipakai dalam sharing dokumen. Namun kelemahannya file PDF tidak jarang memiliki ukuran file yang cukup besar hingga ber-mega tergantung konten di dalamnya. Ketika meng-upload atau mengirim CV,  ijazah, trankrip nilai, sertifikat ke email, kita sering menghadapi kesulitan karena masalah ukuran file pdf ini, apalagi ditambah dengan kecepatan koneksi yang lambat. Lalu bagaimana caranya agar file tersebut dapat di-upload dan dikirim dengan cepat dan mudah? Tentu saja caranya adalah meng-kompres atau memperkecil ukuran dari file PDF itu sendiri.

Sedikit sharing pengalaman di blog ini karena kebetulan saya juga lagi daftar di sebuah instansi pemerintah. Sudah coba searching pake software ataupun kompres secara online. Kebanyakan untuk software banyak yang dibatasi dengan versi trial dan masih kurang bagus hasil kompresnya. Oleh karena itu saya akan menulis tutorial yang sudah saya lakukan sendiri, tentunya bersumber dari blog lain yaitu ompeb. Di situ disebutkan mengecilkan ukuran file pdf menggunakan cara offline dan online.

Cara memperkecil ukuran file pdf menggunakan SmallPDF

  1. Buka alamat https://smallpdf.com/id/mengompres-pdf
  2. Upload file pdf yang ingin di kompress
  3. Tunggu loading, klik Unduh sekarang

Lebih lengkapnya baca di http://www.ompeb.com/cara-mengecilkan-ukuran-pdf/

cara memperkecil ukuran pdf

Dengan mengikuti tutorial Cara Mengecilkan Ukuran File PDF yang saya tulis di atas tidak menjamin bisa memperkecil hingga 50% (setengah kali ukuran file asli) karena tergantung dari daya compress tiap file, semakin besar ukuran file yang dicompress maka ukuran file yang tercompress akan semakin besar, dan begitu juga sebaliknya. Begitu juga jika terdapat banyak gambar dibandingkan hanya berisi text saja hasil komres tentu akan berbeda.