Cara Membuat Nasi Jagung Tradisional Tanpa Beras yang Enak

Siapa sih dari sekian banyak penderita diabetes dan penggiat diet yang tidak mengenal nasi jagung. Pasti semuanya sudah kenal. Kalu sudah kenal pasti banyak yang menyukainya karena memang nasi jagung adalah makanan pokok mereka. Kalau sudah terbiasa mengonsumsi nasi jagung pasti dalam benak pernah juga terbersit bagaimana sih cara membuatnya. Cara membuat nasi jagung tradisional tanpa beras yang enak sangat sulit dan ribet bagi yang tidak pernak membuatnya. Apalagi nasi jagungnya beraroma cita rasa tradisional pasti akan lebih ribet lagi.

Perlu kita ketahui bersama, nasi jagung yang dihaluskan menggunakan mesin tidak senikmat nasi jagung yang dihaluskan dengan ditumbuk. Secara sistematis penulis hanya bisa menjelaskan jika ditumbuk nasi jagung mendapat perlakukan yang landau, tidak sekeras dengan mesin. Dari sini menjadikan nais jagung tidak terlalu banyak kehilangan sari pati dan nutrisi yang terkandung di dalamnya.

Cara membuat nasi jagung tradisional yang enak sama dengan membuat nasi jagung pada umumnya. Bedanya hanya pada cara membuat dan bumbu yang digunakan. Nasi jagung tradisonal menggunakan alat yang bernama lumpang dan alu untuk menumbuk, sedangkan nasi jagung modern menggunakan gilingan mesin. Nasi jagung tradisional tidak menggunakan zat kimia apapun entah pemanis, perasa, pewarna dan pengawet buatan, sedangkan nasi jagung modern biasanya menggunakan pemanis, perasa, pewarna dan pengawet buatan. Jika ingin mendapatkan nasi jagung yang diolah secara tradisional kamu bisa mendapatkan di Jagung Instan Sakura yang diproduksi oleh Berkah Tani Kediri Jawa Timur.

Nasi jagung yang dimasak modern ada juga yang dicampur bersamaan dengan nasi putih jadi terkesan seperti menu untuk kalangan menengah ke atas. Cara memasak nasi jagung yang dicapur dengan nasi putih sama seperti kita memasak nasi putih, bisa dikukus atau dimasak dengan rice cooker. Jagung yang digunakan bisanya jagung yang ukurannya sama dengan nasi putih, agak besar dan tidak sehalus nasi jagung instan. Menu masakan campuran ini kurang cocok jika dikonsumsi oleh penderita diabetes ataupun pelaku diet.

nasi jagung campur nasi putih

Demikian artikel cara membuat nasi jagung tradisional tanpa beras yang enak, semoga dapat bermanfaat.