Ini Manfaat Dari Kunyit Yang Selama Ini Belum Kamu Ketahui

Kunyit merupakan tanaman herbal yang termasuk dalam keluarga Zingiberaceae, seperti jahe, lengkuas serta temulawak.
Tanaman ini bisa tumbuh dengan baik di negara beriklim tropis maupun subtropis. Masyarakat Asia biasanya menambahkan kunyit sebagai bumbu kari serta jenis makanan lainnya.
menghilangkan jerawat secara alami
Di Indonesia, kunyit juga bisa dikonsumsi sebagai jamu atau minuman kesehatan. Berbeda dengan di India, bubuk kunyit biasa ditambahkan pada susu serta digunakan untuk menyembuhkan luka. Lebih dari 7000 penelitian sudah dilakukan untuk membuktikan khasiat kunyit dalam pengobatan.

Apa saja manfaat kunyit itu?
Hampir seluruh penelitian mengatakan bahwa senyawa curcumin yang terdapat dalam kunyit merupakan zat yang paling efektif bekerja jika dibandingkan dengan senyawa lainnya. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari kunyit yang perlu untuk anda ketahui :

Mengatasi peradangan
Peradangan atau inflamasi merupakan proses yang terjadi sebagai reaksi terhadap infeksi atau gangguan pada sel.
Sebagian besar peradangan yang terjadi dalam tubuh disebabkan karena infeksi bakteri serta radikal bebas yang memicu pelepasan senyawa sitokin.

Berdasarkan penelitian yang dirilis dalam sebuah Journal of oncogene, curcumin yang terkandung dalam kunyit sanggup untuk meningkatkan kekebalan sel imun serta menghambat produksi sitokin dan prostaglandin sehingga peradangan dalam tubuh bisa diatasi serta rasa sakit berkurang.

Mencegah kanker
Penyakit kanker menempati urutan tiga besar sebagai penyebab kematian tertinggi di dunia. Penyakit ini terjadi karena perubahan atau mutasi gen yang terjadi dalam tubuh.

Sel kanker yang tumbuh tidak terkendali serta menyebar pada organ lain. Kanker disebabkan karena beberapa faktor diantaranya karena pola hidup yang kurang sehat, infeksi virus bakteri dan juga radikal bebas. Senyawa radikal bebas seperti Hidrogen peroksida bisa memicu kerusakan gen dalam sel serta memicu munculnya sel kanker.

Penelitian membuktikan bahwa kandungan antioksidan yang terdapat dalam kunyit bisa mencegah pengaruh radikal bebas serta menghambat pertumbuhan sel kanker. Tidak hanya itu, penelitian lain juga mengatakan bahwa senyawa curcumin yang terdapat dalam kunyit mampu membunuh sel kanker serta meningkatkan efektifitas obat-obatan konvensional yang biasa digunakan dalam pengobatan kanker.

Nah, anda yang ingin mengobati peradangan atau kanker, bisa mencoba mulai sekarang dengan mengkonsumsi secara rutin kunyit setiap hari. Jangan lupa juga untuk mengunjungi atinaa.com untuk mendapatkan informasi seputar kesehatan dan kecantikan, salep penghilang bekas jerawat. Semoga bermanfaat.