5 Penyebab Keputihan Abnormal Pada Wanita

Keputihan adalah kondisi yang umum terjadi di kalangan kaum wanita dan pada dasarnya adalah kondisi normal dan tidak perlu dikhawatirkan. Tetapi terkadang ada juga beberapa jenis keputihan yang mengindikasikan adanya infeksi pada organ kewanitaan, yang sering disebut dengan keputihan abnormal.

Diantara ciri-ciri keputihan abnormal yang paling mudah terlihat adalah warna dan aromanya yang khas , dimana penyebab keputihan tersebut umumnya adalah jamur atau bakteri.

Dengan melakukan pengobatan yang tepat, keputihan dapat disembuhkan oleh dokter. Tapi sebaiknya penderita juga mencari tahu penyebabnya, agar penyebab tersebut bisa segera dihilangkan.

Di bawah ini akan saya sebutkan 5 penyebab terjadinya keputihan abnormal, yaitu:

1.Bakteri Vaginosis

Bakteri vaginosis adalah penyebab umum terjadinya infeksi yang kadang mengakibatkan munculnya keputihan abnormal dengan aroma busuk yang sangat kuat dan terkadang berbau amis, meskipun tidak menghasilkan gejala pada beberapa kasus.

2.Trichomoniasis

Infeksi pada vagina bisa juga disebabkan oleh protozoa (organisme bersel tunggal) seperti trichomoniasis. Infeksi ini juga terkadang tertular melalui kontak seksual, termasuk yang ditularkan melalui aktivitas berbagi pakaian renang atau handuk.

Trichomoniasis menyebabkan terjadinya keputihan berwarna kuning atau hijau, yang disertai dengan bau yang tidak sedap. Penderita kadang merasa nyeri, peradangan, dan gatal-gatal yang termasuk gejala umum, meskipun beberapa orang tidak mengalami gejala apapun.

3.Infeksi jamur

Selain bakteri, jamur juga bisa menyebakan munculnya keputihan abnormal pada wanita. Infeksi yang timbul akibat jamur akan menghasilkan cairan keputihan disertai perasaan terbakar dan sensasi gatal.

Kehadiran jamur dalam vagina pada asalnya adalah normal, tetapi pertumbuhannya dapat menjadi tak terkendali dalam kondisi tertentu. Beberapa faktor yang meningkatkan risiko terinfeksi jamur adalah  stres, kehamilan, diabetes, penggunaan pil pencegah kehamilan, serta konsumsi obat antibiotik dalam jangka panjang.

4.Gonore dan klamidia

Penyakit gonore dan klamidia merupakan dua jenis penyakit yang menular seksual. Pada wanita infeksi yang terjadi dapat menyebabkan keputihan abnormal yang ditandai dengan keluarnya cairan berwarna kuning atau kehijauan.

5.Penyakit inflamasi panggul

Jenis infeksi seperti ini seringkali ditularkan melalui kontak seksual dan terjadi ketika bakteri masuk ke dalam vagina dan tersebar ke organ reproduksi lainnya. Infeksi ini akan menimbulkan keputihan dengan aroma yang tidak sedap dan tajam. Hindari bahaya keputihan dengan rajin minum herbal berkhasiat dari toko herbal online atau bisa juga dari toko herbal bogor yang sudah jadi langganan Anda.